The way we treat our children directly
Impacts what they believe about themselves
- Ariadne Brill -

A Heart of Gratitude

03 August 2021, Me and Myself

What makes you smile? What do you think makes God smile? Cobalah untuk meluangkan waktu untuk membahas pertanyaan ini sebagai sebuah keluarga.

Saat ini mungkin setiap dari kita tidak luput dari hal-hal yang mungkin terasa sulit dan penuh dengan keterbatasan. Tidak jarang kita menjumpai kejadian-kejadian yang membuat kita sulit untuk melihat sisi baik dari kejadian ataupun pengalaman tersebut. Namun satu hal penting yang kerap kali kita tidak sadari bahwa, hati Tuhan disenangkan ketika melihat kita penuh dengan ucapan syukur bahkan dalam keadaan yang sulit sekalipun. Lalu, bagaimana caranya kita bisa melakukan hal tersebut setiap hari bahkan berkali-kali sepanjang hari bersama dengan keluarga, anak-anak atau bahkan para siswa?

1 Thesalonians 5:16-18

Tuhan ingin kita selalu bersukacita selalu dalam segala hal. Bersukacita berarti merasakan adanya kegembiraan yang luar biasa meluap-luap. Kita dapat menemukan kegembiraan itu dalam segala hal, meskipun terkadang sulit ditemukan kalau kita dengan sengaja mencari kegembiraan itu, tetapi sejatinya kegembiraan atau sukacita itu selalu ada. Begitulah cara Tuhan mengajarkan bahwa kita perlu bertindak “selalu” setiap hari.

Tuhan ingin kita selalu berdoa setiap saat tentang segala hal, baik itu yang membuat kita sedih ataupun bahagia, marah ataupun tertawa, termasuk hal-hal yang kita lakukan setiap hari. Berdoa berarti berbicara dengan Tuhan, Dia sangat senang mendengarkan setiap kita. Tidak ada cara khusus untuk berdoa, hanya berbicara kepada-Nya seperti kita berbicara dengan sahabat kita, orang tua kita, anak kita atau bahkan siswa kita. Hal yang paling penting saat berdoa adalah kita jadi dapat belajar untuk melihat dan menyelaraskan diri kita dengan kehendak Tuhan di dalam segala situasi. Saat melihat maksud & kehendakNya yang selalu baik bagi kita di dalam segala situasi, itulah yang akan membuat kita selalu dapat mengucap syukur di segala musim. Tuhan ingin kita untuk “mengucap syukur dalam segala keadaan”. Jadi apapun yang terjadi, “BERSYUKURLAH!”. Mungkin hal ini nampak untuk dilakukan, tetapi percayalah bahwa selalu ada hal-hal yang dapat disyukuri di segala musim karena memang senyatanya Dia selalu baik di setiap musim hidup kita.

Psalm 100:1-5

Untuk memiliki hati yang bersyukur kita perlu menyembah dan memuji Tuhan. Memuji Tuhan dapat terlihat sama seperti ketika kita berdoa kepada Tuhan bersama dengan keluarga ataupun sendirian, menyanyikan pujian bagi Tuhan, atau bahkan beribadah secara online seperti yang sedang terjadi saat ini bersama dengan keluarga. Kita menyembah karena Dia adalah Pencipta kita dan menjadikan segala sesuatu termasuk kita.

 

Jadi, mari refleksikan dan diskusikan bersama di dalam keluarga:

  1. Apa hal yang membuat kita bersyukur saat ini? Mengapa?
  2. Bagaimana cara kita menunjukkan ucapan syukur kita kepada Tuhan?

 

Family Activities

Cobalah meluangkan waktu pada saat mezbah keluarga misalnya untuk menuliskan yang hal-hal yang Anda syukuri bersama sebagai sebuah keluarga. Aktivitas ini bisa dilakukan secara berkelanjutkan dengan menuliskan di selembar kertas yang bisa dihias bersama dengan anak-anak dan kemudian ditempelkan di tempat yang selalu terlihat sehingga dapat menjadi sebuah pengingat bahwa banyak hal yang bisa disyukuri.

 

                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                     (Azizah N F - SSS Counselor)